Senin, 04 Februari 2013

Cara Sholat Duha Tata CaRa Solat Dhuha Yang Benar

Cara solat duha untuk sebagian umat islam tidak asing lagi, tetapi bagi sebagian lain mungkin masih ada yang belum mengerti tentang tata cara sholat duha dan aturan yang mesti dipenuhi dalam menjalankan sholat dhuha. Islam menganjurkan kepada umat Islam untuk menjalankan solat duha sesuai tata cara yang benar. Sebagai amalan sunat, kita bisa mencontoh bagaimana dulu Rosululloh SAW menjalankan sholat duha. Untuk pembaca yang kebetulan belum pernah menjalankan solat duha baik di rumah atau di tempat lain maka tulisan ini sengaja penulis hadirkan untuk sekedar berbagi pengetahuan mengenai amalan solat sunat yang sangat dianjurkan itu. Sebagian orang melakukan sholat duha dengan tujuan agar rizki dan bisnisnya lancar dan sebagian lain melakukan sholat duha hanya semata mata karena mengharap ridlo Alloh Swt.
Apapun tujuan kita dalam melakukan solat duha maka itu adalah bentuk ketergantungan sang makhluk kepada Pencipta. Kita tak bisa berdiri sendiri dan melepaskan diri dari ketentuan yang telah Alloh gariskan. Sebelum kita mengetahui tata cara sholat duha secara detail maka ada baiknya meluruskan niat terlebih dahulu, perbaiki sholat wajib dan sempurnakan amalan amalan yang diwajibkan oleh agama. Jangan karena ada anggapan bahwa sholat duah akan memperlancar rizki lalu tiap hari solat sunat tetapi solat wajib ditinggalkan. Bahkan dari segi makanan dan perilaku juga harus dijaga, jangan memakan makanan yang haram, jangan melukai hati orang lain dan hilangkan kesombongan dari dalam diri. Hal hal semacam ini penting untuk memastikan kalau kita telah berusaha membersihkan diri dan ingin menyatu dalam permohonan melalui sholat duha
Untuk menjalankan sholat duha atau cara melakukan solat duha bisa memilih jumlah rakaat yang dikehendaki. Agama memberi batasan bahwa jumlah rokaat sholat duha paling banyak adalah 12 rokaat dan paling sedikit 2 rokaat. Waktu untuk menjalankan solat duha pada siang hari, usahakan sebelum jam 11.00 waktu setempat, dan solat dhuha ini bisa dimulai sekitar jam setengah delapan. Tata cara menjalankan sholat duha sama dengan solat fardhu, cuma beda pada niat awalnya. Untuk bacaan nita sholat duha bisa memakai doa ini “Usholli sunnatat duha-i rokngataeni mustaqbilal qiblati lil lahi tangala, allohu akbar. Untuk bacaan suratan sangat dianjurkan membaca surat ad duha, tetapi kalau tak bisa ya suratan pendek yang telah hafal saja. Selesai sholat duha sangat dianjurkan untukm banyak banyak membaca istighfar sebagai bentuk permohonan ampun kepada Alloh Swt. Memang ada doa khusus setelah sholat duha, tetapi kalau memang belum memungkinkan, pembaca bisa berdoa dengan bahasa apa saja, karena Tuhan Maha Mengetahui semua bahasa yang dimiliki oleh hamba hambaNya.

source : http://blogs.unpad.ac.id/cintaindonesia/cara-sholat-duha-tata-cara-solat-dhuha-yang-benar/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar