Senin, 10 September 2012

Mengganti Ban Mobil Bocor Dikala Berpergian

Cari tempat

Jika ban bocor anda sebenarnya masih bisa mengemudikan mobil, tidak harus langsung menepi. Jadi masih bisa guna mencari tempat yang aman guna mengganti ban. Yang pertama adalah pastikan tempatnya datar, bukan di tanjakan/turunan. Kedua ada ruang yang cukup guna kerja serta aman dari resiko tertabrak kendaraan lain.

Setelah menepi, pasang rem parkir. Jika menggunakan transmisi matik, posisikan tuas di P. Jika transmisi manual, posisikan di R. Jangan lupa pasang segitiga pengaman dalam jarak 10 – 15 meter dari mobil serta lampu hazard. Ini guna memberi peringatan bagi pengendara mobil lain. Jika perlu, ganjal roda-roda lain dengan batu, khususnya roda dengan posisi diagonal.

Siapkan alat-alat
Selain alat-alat serta dongkrak, juga ban casertagan. Pastikan semua alat yang dibutuhkan tersedia . Jika tidak lengkap akan sia-sia.

Longarkan baut
Sebelum pasang dongkrak, mulailah dengan melonggarkan baut-baut roda. Putar berlawanan arah jarum jam. Jika perlu gunakan kaki guna melonggarkan baut. Longgarkan tapi jangan sampai lepas.

Dongkrak mobil
Setelah baut-baut longgar, mulai mendongkrak mobil. Posisikan dongkrak di tempat yag telah ditentukan di buku manual. Jika tidak, bisa merusak mobil. Dongkrak mobil hingga ban menggantung.

Lepas ban
Lepas baut dengan tangan serta letakkan di tempat yang aman, kalau perlu dikantong. Lalu lepaskan roda.

Pasang ban casertagan
Pasang ban casertagan, lalu pasang baut-bautnya serta keraskan dengan tangan. Putar baut searah jarum jam. Urutan baut yang dikencangkan bersilangan. Jangan berurutan.

Lepas dongkrak
Setelah ban terpasang, turunkan dongkrak serta kencangkan lagi baut, jika perlu dengan kaki. Setelah mengemasi peralatan serta meyimpan ban yang bocor, anda bisa melanjutkan perjalanan. Segera ke bengkel langganan guna memeriksa ban serta menambal ban yang bocor.

source :  http://www.kiosban.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar